Header Ads

test

Jasmani dan Rohani



Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Perlu kita semua sadari bahwa tubuh kita itu terdiri atas dua bagian, yaitu Tubuh Jasmani dan Tubuh Rohani,
Tubuh jasmani itu adalah tubuh dohir kita sedangkan tubuh rohani adalah tubuh batin kita yang tidak kasat oleh panca indera.

Manusia itu di lambangkan sebagai angka 10, 1 itu Rohani dan 0 itu Jasmani.
Rohani tanpa Jasmani itu tidaklah sempurna atau "ngawang-ngawang", sedang jasmani tanpa rohani itu tak berguna, karena hanya seonggok daging yang terbengkelai dan tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bangkai !

Maka dari itu kita harus memperhatikan keduanya, jika tubuh dohir tiap hari di gosok, di mandikan di kasih parfum biyar wangi, maka tubuh batin juga harus di gosok dan di mandikan, caranya gimana? Yaitu dengan jalan Dzikrulloh, ingat sadar dan menyadari akan adanya Tuhan yaitu Alloh SWT.
Solat, zakat, puasa, haji itu intinya juga supaya kita bisa ingat dan sadar.

Ingat ! Bahwa dosa itu tidak merubah tubuh dohir kita, melainkan merubah keadaan tubuh batin kita atau rohani kita yang tadinya bersinar lama kelamaan menjadi hitam, gelap dan mengeras bagai batu.
Maka dari itu mari kita sama-sama belajar membersihkan diri tak hanya diri dohir tapi juga diri batin karena itu yang lebih penting, Alloh  itu melihat hatimu (batin) bukan ke elokkan rupamu.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

No comments